07/01/12

Tahun Baru & Air Terjun Janda

Gue lagi ditakut-takutin sama engkong nya cicak

Sebelom gue mulai, gue mau ngucapin SELAMAT TAHUN BARU 2012!!!!. Ehm, oke. Tahun baru kali ini ada yang berubah dari tahun-tahun baru sebelomnya. Apakah yang berubah?. Apakah muka gue berubah jadi mirip Tom Krus? Nggak muka gue tetep mirip anus. Atau otak gue tiba-tiba berubah jadi jenius? Nggak otak gue tetep segede kacang pilus. Terus apa dong yang berubah?. Jadi sebenernya yang berubah itu adalah.... keadaannya. Ada apa dengan keadaannya? Kenapa bisa sampe dibilang kalo keadaannya berubah? Ada apa gerangan sebenernya?. Udah ah nanya mulu.

Tahun baru kali ini berubah keadaan
nya karena gue nggak ngerayain tahun baru cuma mendem di rumah doang sampe betelor kayak tahun-tahun baru sebelomnya. Gue sekeluarga ngerayain tahun baru kali ini di sebuah daerah yang nggak jauh dari Los Angeles. Tepatnya di Malang, Jawa Timur. Jujur aja, keluarga gue nggak pernah ngerayain tahun baru sampe jalan-jalan keluar kota gini. Biasanya keluarga gue cuma ngerayain kecil-kecilan. Yah, seadanya aja. Paling cuma bakar ikan, bakar ayam, sama bakar kembang api. Ya gitu-gitu aja, nggak ada yang terlalu spesial. Sempet sih supaya tahun baru jadi tambah rame dan meriah gue ngusulin untuk bakar rumah tetangga sekalian. Tapi, bokap selalu nolak ide gue itu. Bukan, bukan karena kesian ato apa, tapi karena kata bokap harga bom itu lagi mahal gara-gara teroris sedang merajalela baru-baru ini.

Gue ke Malang naik mobil pribadi gue. Yang nyetir bokap, karena gue belom dibolehin nyetir mobil keluar kota. Kalo kata nyokap, sebenernya seandainya gue yang nyetir bisa aja sih sampe. Tapi bukan sampe di Malang, melainkan di surga. Iyah, mati. Men, bayangin aja lewat jalur Pantura yang isinya truk-truk sama bus-bus segede babon afrika kalo gue yang nyetir sama aja kayak kita nyamperin kematian tau nggak.

"Aku yang nyetir aja, Yah," gue ngomong ke bokap pas mobil gue baru aja gelinding di jalan tol.
"Yaudah nih kamu yang nyetir deh," bokap gue ngejawab sambil nunjuk-nunjuk stir.
"Jangan ah, belom bosen idup kok. Masih banyak kreditan yang belom lunas, belom lagi nyiapin surat wasiat. Repot ah udah kamu nggak usah nyetir," nyokap nyautin dari kursi penumpang tanda nggak setuju.


Sebelom gue ke Malang, mobil gue berhenti dulu di Surabaya. Ngapain ke Surabaya dulu? Disini gue mulai takut, jangan-jangan tujuan keluarga gue singgah di Surabaya sebenernya cuma pengen ngebuang gue. AMPUUUN MAK, NGGAK LAGI-LAG
I DEH NGEMILIN CELANA DALEM SAMPE ABIS...... MAK JANGAN BUANG AKU, MAAAK. Untungnya, ternyata tujuan gue ke Surabaya adalah berkunjung ke rumah tante gue. Jadi rencananya gue ke Malang bareng sama keluarga tante gue. ALHAMDULILLAH gue nggak jadi dibuang. Gue sujud nyungkur.

"Emang kita mau kemana sih?" Gue nanya ke bokap, nyokap, om, sama tante gue waktu kita dalam perjalanan dari Surabaya menuju Malang.
"Kita mau ke Coban Rondo," tante gue jawab.
"Coban Rondo itu apa?" giliran kakak gue yang nanya.
"Air terjun gitu," tante gue jawab lagi.
"Itu dimana deh?" gue nanya.
"Ditengah hutan di Gunung Anjasmoro," nggak tau kenapa pas gue
denger tante gue jawab itu pemikiran gue tentang 'buang anak' tiba-tiba muncul lagi.

Dan bener aja sodarah-sodarah. Seperti kata tante gue, letaknya itu emang bener-bener ditengah hutan. Pedaleman gitu coy. Mobil gue jalan ditengah-tengah pepohonan yang rimbun dan gede-gede. Gue mikir, sumpah pasti hutan ini banyak dedemitnya. Semacam tuyul-tuyul dan kerabatnya itu. Perjalanan dari pintu masuk hutan itu sampe ke air terjunnya sendiri menurut gue cukup jauh. Jalannya meliuk-liuk gitu. Kadang mendaki, kadang menurun. Yang lucunya lagi, ditengah-tengah hutan itu gue menemukan sebuah motor yang dibelakangnya ada gerobak berhenti
dipinggir dengan tulisan yang gede-gede tertempel di gerobaknya BAKSO MALANG. Fix, random. Bayangin aja ditengah hutan gini ada yang jualan bakso. Gue kira tadinya yang jualan bakso itu siluman monyet. Semacam monyet yang dikutuk gitu. Tapi, ternyata yang jualan bapak-bapak tua yang kumisnya mirip Pak Raden.

Nah, ditengah-tengah perjalanan ke air terjunnya itu tante gue berkisah tentang asal usul nama Coban Rondo. Katanya, nama Coban Rondo itu sendiri memiliki arti. Coban itu artinya air terjun dan Rondo itu artinya janda. Jadi dalam bahasa Indonesia, Coban Rondo berarti Air Terjun Janda. Tadinya pas gue denger arti dari nama ini gue langsung ngedown. Gue takut kalo gue ke air terjun itu terus gue bakal jadi janda. OH TIDAAAK. Untungnya sebelom gue loncat dari jendela mobil, gue sempet ngecek kedalem celana gue dan tersadar kalo selama ini gue laki-laki. Alhamdulillah gue nggak perlu takut jadi janda.

Jadi, gini cerita asal usul Coban Rondo itu sendiri. Alkisah dulu ada sepasang suami istri yang berkunjung ke air terjun itu. Dalam perjalanan mereka ke air terjun, ditengah jalan sepasang suami istri itu bertemu dengan seorang pemuda. Pemuda itu ternyata langsung naksir sama sang istri dan berniat untuk merebut sang istri dari suaminya. Akhirnya, si suami dan si pemuda itu berkelahi. Sang suami berpesan agar si istri bersembunyi di bawah air terjun itu agar aman dan terhindar dari perkelahian. Hasil akhir dari perkelahian itu sendiri membuat si suami maupun si pemuda gugur, sedangkan sang istri menangis dan meratapi nasib kalau ia telah menjadi janda di bawah air terjun itu. Tadaaa jadi deh nama air terjun itu Coban Rondo. Mungkin, seandainya gue nyasar di hutan ini dan menemukan air terjun yang lain lagi, gue bakal duduk dibawahnya sambil meratapi nasib. Lalu orang-orang akan
menamai air terjun itu dengan nama Air Terjun Jomblo Lumutan. Nasib emang.

Jujur aja air terjunnya itu bagus banget. Pas pertama kali ngeliat air terjun itu, mata gue langsung dibutakan dengan keindahan air terjunnya. Dalem hati gue ngomong, "oh ini toh yang namanya pesona janda". Walaupun sebenernya agak nggak nyambung aja gitu ya ngerayain tahun baru di hutan, tapi gue bener-bener puas. Biarkan orang-orang lain ngerayain tahun baru ditengah kota dengan kembang api dan terompet. Gue akan ngerayain tahun baru kali ini ditengah hutan dengan pohon-pohon gede dan segala dedemitnya. Bener-bener sesuatu. Yah, akhirnya hari itu gue dalam sekejap berubah profesi. Dari penulis jadi fotografer. Dan ini adalah hasilnya:



2 komentar: